My First KPop Concert : Super Junior Asia Tour K.R.Y 'Phonograph'

by - 11:30 PM

Nonton konser KPop? Rasanya ga pernah bayangin itu sama sekali deh.
Jangankan nonton konser, jadi fangirl yang ngefans sama idol-idol Korea aja rasanya masih perlu mikir banyak. Harga album, official merch sampai harga tiket konsernya bisa dibilang gak murah lho, ditambah idol Korea itu kalo comeback (rilis single/album) pada cepet banget, jadi bisa disimpulkan sendiri ya :)

Aku tau KPop udah dari jaman SD, tapi cuma sekedar tau dan memilih untuk gak terjerumus (duh bahasanya). Waktu SMP, KPop makin booming dan waktu SMA yang paling heboh, Super Junior (Suju) datang ke Indonesia, iya mereka boy group yang paling terkenal di jaman itu. Meski bukan fangirl, semua orang rata-rata pasti tau Super Junior waktu itu datang ke Indonesia, karena beritanya rame banget dimana-mana. Rasa penasaran muncul, buka Youtube, search lagu Suju yang lagi happening sampe ke album-albumnya, eh terus nyantol di telinga deh akhirnya. Iya, tapi waktu itu cuma suka lagunya dan kenal membernya cuma Siwon & Kyuhyun, maklum cuman sekedar suka lagunya, jadi belum tahu banyak soal groupnya.

Singkat cerita, aku jadi banyak tau soal KPop karena tuntutan pekerjaan dan akhirnya kecebur deh di dunia yang fana ini. Nah, salah satu kerjaanku tuh disuruh tau konser KPop mendatang yang akan ada di Indonesia. Baru tahu deh kalo awal Januari sub-unit K.R.Y (Kyuhyun, Ryeowook & Yesung) dari Super Junior lagi tour Asia dan konsernya terakhirnya diselenggarain di Indonesia. Cari-cari infonya dan ketemu promotor yang bawa mereka kesini, semua info pun didapat dan tiba-tiba ... kepengen nonton karena ada Kyuhyun-nya.

Dengan niat penuh, carilah tiket gratisan (haha!) secara anak kuliahan, masih part time, mana bisa sih beli tiket yang waktu itu harga termurahnya Rp 1jt apalagi konsernya udah H-beberapa minggu. Hampir semua kuis diikutin (kebanyakan dari Majalah & Fanbase) siapa tau ada yang nyangkut satu. Eh bener, waktu di commuter line ngecek Instagram ada notification kalo aku kepilih 1 dari 5 pemenang yang dapet tiket nonton Super Junior K.R.Y! Wah seneng bukan main tapi karena lagi di tansportasi publik, cuman bisa mesem-mesem sendiri, padahal rasanya pengen teriak.

Pengumuman pemenang dilakukan 2 hari sebelum hari H konser, karena gak tau lokasi konsernya dan lumayan jauh yaitu di ICE BSD (aku tinggal di Bekasi), akhirnya coba cari tebengan lewat Twitter, siapa tau ada yang dari Bekasi. Gak usah heran, kalo setiap ada konser KPop biasanya banyak yang nawarin PP ke venue dan ada juga yang semacam trip, tentu ada biayanya juga dong. Akhirnya dapet, kenalan sama yang kasih tebengan dan siap ketemuan di tempat yang udah ditentukan.

Kronologis di hari H :
Berangkat termasuk lumayan pagi sekitar pukul 9.30 padahal konsernya mulai pukul 18.30. Sampai disana ternyata pas makan siang, cari makan dulu terus baru ke ICE karena di sana gak ada yang jual makanan, kalaupun ada pasti mahal.

Sampai di lokasi, aku sama teman yang bareng dari Bekasi misah karena aku harus ngumpul sama pemenang lainnya dan ngambil tiket sama salah satu pihak dari yang kasih aku gratis tiket nontonnya. Lumayan deg-degan karena sampe 1 jam sebelum konser mulai, kita belum pegang tiketnya sedangkan kebanyakan yang udah ngantri rata-rata udah pada masuk ke venue.

Tiket udah ditangan sekitar 45 menit sebelum konser dimulai. Sebelumnya aku udah di kasih banyak info sama temen-temen ELF (fans Super Junior) yang kenalan di venue tentang info-info Suju terkini, maklum fangirl karbitan, bahkan aku sendiri tau lagu KRY itu H-1 sebelum konser. Sekali lagi aku tekankan, aku hanya tau lagu Suju yang nempel di telingaku dan lagu-lagu Kyuhyun juga sebagian lagu Yesung.

Konser dibuka dengan lagu Indonesia Raya, baru tau kalo konser KPop pasti awal mulainya ada lagu itu. Terus ada VCR berupa short movie yang tentu peran utamanya member KRY dengan masing-masing pasangannya, dengan cerita yang beda tapi masih nyambung satu sama lain dan didominasi oleh hujan. Duh pas banget karena ini konser lagu ballad, jadi dari awal mulai udah berasa banget rasa 'nyesss' di hati ditambah backsound yang mendukung suasana galau.

Satu per satu member keluar dengan membawa payung sambil bernyanyi di main stage sebait lagu yang berbeda juga tiap membernya. Terakhir semua keluar dan menyanyikan sebuah lagu lalu kembali lagi VCR diputarkan. Gak henti-hentinya VCR itu bikin kita galau abis. Next mereka mulai nyanyi dengan berpindah di extention stage, seriously i'm speechless, can't saying anything, they're amaze me so damn much with their voice and beautiful stage ever.

Credit : Allkpop


Setelah itu mereka tampil solo membawakan lagu mereka masing-masing. Bahagianya sekitar 2 bulan sebelum ke Indonesia, Kyuhyun rilis mini album keduanya dan title song-nya "A Million Pieces" dinyanyiin di konser ini, terharu banget setiap hari dengerin cuma bisa lewat headset, akhirnya denger suara Kyuhyun langsung bawain lagu ini dan ditambah dia cover song lagu favorit aku Wild Flower milik Park Hyo Shin, rasanya mau nangis denger suaranya bagus banget!


Yesung sebelumnya bawain lagu soundtrack drama yang tentunya dia juga yang nyanyiin, suaranya jangan ditanya, the best banget powernya. Kalo Ryeowook paling beda nih, salah satunya dia bawain 2 lagu Indonesia lho, pertama lagu 'Bunga Terakhir' milik Afgan dan abis itu nyanyi lagu Noah 'Separuh Aku', pelafalannya bagus banget, jelas dan cara bawainnya juga beda dari penyanyi aslinya, semua penonton kagum banget.


Bahagianya ELF Indonesia juga karena ada special guess star di konser ini, yaitu leader Super Junior, Leeteuk yang juga ikut hadir dan mengisi konser ini dengan menyanyikan lagu Huh Gak 'Hello' dan ikutan gabung nyanyi bareng sama Kyuhyun, Ryeowook & Yesung.

Leeteuk - Rehearsal

Ment time, Leeteuk introduce himself and MC-ing this concert as well.

They're so playful and really happy to coming in Indonesia again

Dancing Super Junior latest song, Devil

I'm so happy that finally met them in my real life!
Mereka ganti baju lalu nyanyi lagi dan lagi sampe selesai, tetep lagu-lagu yang dibawa lagu ballad dan santai. Jadi penonton disuguhkan sama suara-suara indah mereka dari awal sampai selesai.

Serius, ini mereka duduknya ke arah section ku, duh mereka deket banget dan puas liatnya

Foto bareng dulu sebelum encore

Mereka berterima kasih sama ELF Indonesia
Nyanyi bareng lagi sampai selesai

Gak rela rasanya konser harus udah berakhir
Behind the stage, lagi pada di make up

Ryeowook at waiting room

Baru sadar, dia potong rambut haha!
Finally the concert successfully ended with so much memorable show. Aku memang suka banget banget banget sama lagu-lagu ballad, dari awal sampai selesai ga berhenti mengucap kata 'yaampun keren banget', 'wow', 'duh, suaranya ...'. First concert yang gak akan terlupakan, konsernya rapih dari awal sebelum masuk sampai selesai pukul 21.15. Bener-bener malam minggu galau tapi asik dan menyenangkan. Ketemu teman baru, cerita baru dan pengalaman baru.

Hope that i can see you all again :)

Ps : All photos credit by Google and SM Entertaiment

You May Also Like

0 comments