Korean Noodle - Mabok Mie!

by - 2:09 PM


Halo!

Siapa sih yang ga suka makan? Haha, apalagi geratisan. Tapi, ini bukan soal makan gratis ya, cuma mau share aja gimana sih rasanya makan makanan Korea yang asli. Maksudnya gimana sih, kok makanan Korea yang asli? Hmm, gini ... maksudnya bukan berarti tuh ada makanan Korea yang abal-abal atau KW punya, tapi kebanyakan makanan Korea yang dikenal orang-orang itu yang rasanya udah untuk lidah orang Indonesia banget. Nah! Aku mau share pengalaman makan makanan asli orang Korea yang udah pernah aku cobain beberapa kali.

Makanan asli Korea yang dicobain kali ini adalah Mie!
Ya, mie asli Korea ini kalo kata boss-ku (asli orang Korea) yang paling banyak atau umum dimakan dan jadi favorite. Mungkin semacam kalo buat orang Indonesia, pas senggang atau laper ya makannya mie Ind*mie gitu.

Mie asli Korea itu agak beda, karena ukurannya lebih besar dan lebih lembut juga, tidak banyak pengawetnya karena biasanya dibuat dan dimasak untuk dihidangkan dihari yang sama sehingga tidak ada bahan pengawet (beda dengan mie dalam kemasan). Oh iya, yang direview kali ini adalah mie yang ada di restaurant Korea ya bukan mie instan yang dijual di supermarket.

Jjajangmyeon (짜장면)



Makanan favorite yang kayaknya paling bersahabat sama lidah orang Indonesia ya mie, tapi mie yang satu ini agak lain dari kebanyakan mie yang ada di Indonesia. Yaps, namanya Jjangmyeon, waktu itu makannya di Legend Of Noodle Senopati (Jl. Senopati No.81, Selong, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan).

Waktu pertama kali liat porsinya, WOW!!! Soalnya banyak banget, jujur deh kalo makan ini sendiri pasti ga abis (kecuali belom makan sebulan, haha!). Untuk porsi Jjangmyeon di Legend of Noodle ini bisa banget buat berdua lho! Jjangmyeon ini non-halal dan bayak banget bawang bombaynya, jadi yang alergi bawang ga disarankan makan ini. Isinya cuma mie ukuran besar, daging (pork) + bawang bombay dan bumbu Jjangmyeonnya. Rasanya lumayan manis, tapi bukan manis yang kayak kecap hitam seperti biasa yang kita konsumsi, disitu ada rasa minyak wijennya gitu dan menurut aku sih bumbunya simple banget rasanya jadi ga ada rasa asin atau MSG yang berlebihan (atau bahkan ga ada MSGnya (?)) dan tidak pedas sama sekali. Bagi kamu yang mau mabok mie, Jjangmyeon ini pas banget jadi pilihan.

Jjampong (짬뽕)


Mabok mie selanjutnya ini masih ditempat yang sama, namanya Jjampong. Kalo mie yang satu ini kuahnya banyak dan banjir dengan seafood. Porsinya kurang lebih hampir sama kayak Jjajangmyeon cuma bedanya dia berkuah dan banyaaak banget sayuran dan seafoodnya jadi ini juga bisa dimakan berdua. Untuk rasa, mungkin kliatannya kuah Jjampong ini pedas, tapi nyatanya enggak sama sekali, rasa kuahnya ringan (tidak kental), mirip kayak sup, tidak asin dan tidak gurih. Cocok banget kalo lagi dingin kepengen makan yang anget-anget dan bikin perut super kenyang.

Nah, itu tadi 2 mie yang paling populer (katanya) yang dimakan oleh banyak orang Korea, beda lidah tentu beda selera juga. Tapi buat yang baru banget nyobain makanan Korea, ini sih cocoklah karna ga bikin shock juga rasanya. Harganya kalo dipikir-pikir worth it bangetlah sesuai sama ukuran porsinya, kisaran 80rb-100rb.

Oh iya, tips makan mie Korea, jangan lupa digunting-gunting dulu ya mienya, kalo engga nanti susah makannya dan jangan heran ya, rata-rata makanan Korea itu rasanya hampir mendekati hambar, ga seperti makanan Indonesia yang bumbunya super beraneka ragam dan kebanyakan asin + MSG.

Semoga reviewnya bisa bermanfaat buat kamu yang mau cobain mie Korea tersebut, kalo penasaran ... langsung cusss lah beli jangan cuma liat-liat reviewnya aja :)

Annyeong!

You May Also Like

0 comments